Tips Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Selama Berpuasa

Jum'at, 02 Juni 2017 - 04:30 WIB
Tips Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Selama Berpuasa
Tips Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Selama Berpuasa
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang sedang dalam program diet atau ingin menurunkan bobot tubuh tentu akan menganggap bulan puasa seperti sekarang ini adalah momen yang tepat untuk semakin giat berusaha agar mendapatkan tubuh yang ideal. Namun, perlu diingat jangan jadian hal tersebut sebagai tujuan utama Anda berpuasa, karena saat sedang berpuasa, Anda tidak memiliki asupan yang cukup seperti hari-hari biasanya.

Jadi, lebih baik melakukan hal-hal sesuai kadarnya sehingga meskipun bobot tubuh tidak berkurang banyak, namun kesehatan tubuh Anda tetap terjaga selama berpuasa. Dikutip dari Livestrong, berikut hal-hal yang harus diperhatikan agar tetap sehat dan berat badan tetap terjaga selama berpuasa.

1. Kurangi aktivitas fisik
Melakukan aktivitas fisik memang biasanya dianjurkan untuk membantu penurunan berat badan, namun jika Anda sedang berpuasa, sebaiknya mengurangi kegiatan tersebut. Jika tetap memforsir tubuh saat puasa, Anda bisa merasa sangat lelah dan justru tidak akan memberikan bentuk tubuh yang baik, justru berpotensi menyebabkan cedera.

2. Minimalkan harapan Anda
Setelah beberapa hari berpuasa, kemungkinan besar bobot tubuh Anda akan berkurang dengan sendirinya. Namun, jangan berharap penurunan berat badan akan terjadi secara terus menerus. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap mengonsumsi makanan yang sesuai dan tidak berlebihan.

3. Terhidrasi

Meskipun berpuasa, tak ada alasan untuk tetap mengonsumsi air putih sebanyak-banyaknya baik saat sahur maupun setelah berbuka puasa. Jangan biarkan diri Anda mengalami dehidrasi karena itu dapat menyebabkan masalah kesehatan.

4. Berbuka puasa dengan ‘perlahan’

Saat waktu berbuka puasa tiba, konsumsilah makanan secara bertahap. Jangan mengejutkan sistem pencernaan Anda dengan makanan berlemak dalam porsi besar. Mulailah dengan makan makanan ringan yang segar dan tidak berlemak, seperti buah-buahan. Sistem pencernaan Anda perlu waktu untuk menyesuaikan diri untuk kembali bekerja mengolah makanan berat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6900 seconds (0.1#10.140)